ALlah Tidak Memberi Pahala dan Menyiksa Hanya Karena Kecantikan Belaka

Hal yang perlu diketahui adalah hanya sekedar cantik bukanlah alasan ALlah memberi pahala atau menimpakan dosa.
Kalaulah sekiranya kecantikan merupakan salah satu sebab derajatnya diangkat oleh ALlah dan menambah pahalanya, tentulah Nabi Yusuf Ash-Shiddiq lebih utama daripada nabi-nabi lainnya karena ketampanan beliau.

Berikut ini adalah nukilan dari salah satu bab dari kitab Kasyful Githaa’`An Hukmi Samaa’il Ghinaa’.

Taqwa namun tidak memiliki kecantikan lahiriah. 

Jika engkau tanyakan: “Darimanakah wajah itu dapat menyerap kecantikan dan keburukan amal perbuatan?”
Jawabnya: ”Jika engkau tidak memiliki firasat ahli iman maka silahkan tadabburi firman ALlah SWT berikut ini:
“Tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka.” (Al-Fath:29)

Datanglah seorang laki-laki menemui Utsman, beliau berkata kepadanya: “Datang menemui kalian seorang laki-laki yang dari dari matanya terpancar perbuatan zina.”
Ia berkata: “Wahai amirul mukminin, adakah wahyu turun setelah wafatnya Rasulullah SAW?”
Beliau menjawab: “Tidak, namun apabila seorang bani adam melakukan suatu amalan maka ALlah akan memakaikannya pakaian amalan tersebut.” (Tafsir Al-Qurthubi (VI/3660))

Ibnu Abbas berkata: “Sesungguhnya amal kebaikan itu akan memancarkan cahaya di dalam hati, membersitkan sinar pada wajah, kekuatan pada tubuh, kelimpahan dalam rizki dan menumbuhkan rasa cinta di hati manusia kepadanya. Sesungguhnya amal kejahatan itu akan menggelapkan hati, menyuramkan wajah, melemahkan badan, mengurangkan rizki dan menimbulkan rasa benci di hati manusia kepadanya.” (Tafsir Ibnu Katsir (IV/204)).

Rahasia ini tersimpan dalam hati di alam dunia ini. Dan akan tampak pada raut muka yang dapat dilihat oleh orang yang memiliki firasat yang tajam. Pada hari kiamat nanti semuanya akan tampak nyata yang dapat dilihat oleh setiap orang dengan mata kepala mereka. ALlah berfirman:
”Pada hari yang diwaktu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram.” (Ali Imran: 106)

Dalam ayat lain ALlah berfirman:
“Dan pada hari Kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap ALlah, mukanya menjadi hitam.” (Az-Zumar:60)

ALlah juga berfirman:
“Banyak muka pada hari itu berseri-seri, tertawa dan gembira ria, dan banyak(pula) muka pada hari itu tertutup debu, dan ditutup lagi oleh kegelapan. Mereka itulah orang-orang kafir lagi durhaka.” (‘Abasa:38-42)

Dalam hadits Rasulullah saw bersabda :
“Rombongan pertama yang masuk syurga wajah mereka bagaikan bulan purnama. Rombongan berikutnya bagaikan bintang dilangit yang paling terang cahanyanya.”(HR. Al-Bukhori, Muslim, At-Tirmidzi)

Hadits-hadits yang senada dengan ini sangat banyak sekali, yaitu tentang keadaan wajah ahli sa’adah (orang yang berbahagia) yang cantik, anggun, elok, dan berseri-seri, serta keadaan wajah ahli syaqawah (orang-orang yang celaka) yang jelek, muram, awut-awutan. Tanda yang paling menonjol tampak pada wajah adalah kejujuran dan kebohongan. Seorang pembohong akan tampak kusan wajahnya menurut kadar kebohongannya. Sementara orang jujur akan tampak putih berseri wajahnya menurut kadar kejujurannya.

Ini adalah perkara yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang hidup hatinya. Sebab cahaya dan kegelapan, kebaikan dan kejahatan di dalam hati ini seringkali terbias pada wajah dan mata. Kedua anggota tubuh ini (wajah dan mata) banyak sekali terkait dengan aktifitas hati.

Perhatikan Firman ALlah Subhanahu wa Ta’ala:
“Dan kalau Kami menghendaki, niscaya Kami tunjukkan mereka kepadamu sehingga kamu benar-benar dapat mengenal mereka dengan anda-tandanya.” (Muhammad:30)

Dan ini ketetapan dari ALlah yang berlaku tanpa syarat. Maksudnya terbiasnya rahasia hati seseorang melalui lisannya lebih tampak daripada melalui wajahnya. Akan tetapi lambat laun akan tampak pada wajah secara tersembunyi yang diperlihatkan oleh ALlah kemudian semakin lama semakin menguat sehingga menjadi karakter yang terbersit pada wajah.

——————————————————————————————-
diambil dari kitab Kasyful Githaa’`An Hukmi Samaa’il Ghinaa’, karangan Imam Ibnul Qoyyim Al-Jauzi
——————————————————————————————-

** Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi motivasi bagi ana untuk memperbaiki diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *