Flu Burung (Avian Influenza) | Jilbab Online

APA ITU AVIAN INFLUENZA?

 

Avian influenza, juga dikenal sebagai flu burung, adalah penyakit menular yg disebabkan oleh virus influenza tipe A.

 

Burung-burung yang terinfeksi oleh virus influenza tipe A memiliki gejala yang beragam, mulai dari sakit ringan sampai sangat menular dan fatal yang berakibat wabah yang berat, ditandai dengan serangan tiba-tiba, sakit yang parah dan kematian tiba-tiba.

 

Tanda-tanda infeksi meliputi:
– kematian tiba-tiba
– kurangnya energi dan nafsu makan
– bengkak pada kepala, kelopak mata, jengger, dan kaki
– jengger berwarna ungu
– rongga hidung basah (mengeluarkan cairan)
– batuk dan bersin
– diare

Unggas domestik, termasuk ayam dan kalkun, pada khususnya rentan pada virus influenza yang fatal ini.

 

APAKAH AVIAN INFLUENZA MENGINFEKSI MANUSIA?

 

Banyak kasus infeksi pada manusia telah dilaporkan sejak 1997. Ketika terinfeksi, gejala tipikal layaknya influenza akan muncul seperti demam, batuk, gangguan tenggorokan dan pegal-pegal. Infeksi mata, pneumonia, sulit bernapas, dan viral pneumonia juga dapat terjadi di samping komplikasi lainnya.

 

BAGAIMANA AVIAN INFLUENZA MENYEBAR KE MANUSIA?

 

Transmisi primer pada kasus infeksi pada manusia adalah dari burung ke manusia melalui kontak jarak dekat dengan burung yang terinfeksi. Sampai saat ini, World Health Organisation (WHO) telah menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan transmisi dari manusia ke manusia.

 

APAKAH AMAN, MAKAN AYAM, TELUR, DAN UNGGAS LAIN?

 

Tidak ada bukti bahwa Anda bisa terkena avian influenza dengan memakan telur, ayam, dan unggas lain yang telah dimasak secara keseluruhan. Lebih jauh (bagi yang tinggal di Singapura -Pent-), Agri-Food dan Veterinary (Dokter Hewan) Authority of Singapore (AVA) mempunyai standar yang tinggi dalam mengimport unggas ke Singapura. Import unggas dari negara-negara dengan kasus avian influenza tidak diizinkan. Karena itu, sangat kecil kemungkinan Anda dapat terkena avian influenza karena memakan telur, ayam, atau unggas lain.

 

APA YANG TERJADI JIKA ANDA TERINFEKSI?

 

Obat antiral efektif untuk pencegahan dan pengobatan melawan virus influenza A yang ditemukan di selain individual yang sehat.

 

APA YANG DAPAT ANDA LAKUKAN UNTUK MENCEGAH DARI TERINFEKSI?

 

Masyarakat dianjurkan untuk menghindari peternakan unggas dan pasar yang menjual unggas hidup.

Jika Anda berniat mengunjungi negara dengan kasus avian influenza, Anda harus mempraktikkan kebiasaan higienis berikut ini untuk meminimalisir resiko:
– Hindari kontak dengan unggas hidup, khususnya bagi anak-anak.
– Hindari tempat-tempat penuh sesak dan tinggal di tempat dengan ventilasi baik.
– Cuci tangan secara keseluruhan dengan air dan sabun setelah menangani unggas dan burung hidup, dan setelah tangan terkotori oleh sekresi pernapasan, misal setelah bersin.
– Perhatikan kebersihan diri dan lingkungan.

 

Anda juga harus membangun sistem pertahanan tubuh yang kuat. Mulai dengan olahraga teratur, makan seimbang yang mencakup 2 porsi sayur dan 2 porsi buah setiap hari, istirahat cukup, kurangi stress dan berhenti merokok.

 

APA ADA VAKSIN UNTUK FLU BURUNG?

 

Saat ini belum ada vaksin untuk flu burung. Perhatikan bahwa vaksin untuk flu normal tidak memberikan perlindungan melawan flu burung.

 

 

Taken from Health Promotion Board (HPB) Singapore,
http://www.hpb.gov.sg/hpb/default.asp?pg_id=865&aid=369
Translated by Tami for Jilbab Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *