Pisang sejuta manfaat

Pisangâ, banyak keajaiban terdapat di dalamnya, mulai dari kandunganya sampai manfaatnya. Mulai dari rhizome yang dimilikinya sampai kulit pisang dapat kita ambil manfaatnya.  Terdapat berbagai jenis pisang mulai dari pisang raja, pisang batu, pisang ambon, pisang kepok dan pisang lainnya dengan berbagai rasa dan fungsinya. Mereka juga memiliki ukuran yang berbeda-beda mulai dari yang berjari kecil sampai yang berukuran besar.

Pisang kuning bisa dimakan tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu, sedangkan pisang raja hijau besar biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, dibakar atau digoreng terlebih dahulu sebelum dimakan.

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, semua bagian pisang memiliki banyak kegunaan. Buah pisang yang masak dikupas dan diiris, kemudian dikeringkan dan diawetkan, sedangkan buah yang masih hijau biasanya dicuci dengan air mendidih, dikupas, diiris, dijemur, ditumbuk dan diayak sampai berbentuk tepung seperti yang biasa dipakai untuk membuat roti dan bubur. Tepung pisang sangat baik untuk penyembuhan sejumlah penykit yang disebabkan gastrointestinal (radang usus/lambung), misalnya diare, disentri, dan pencernaan yang terganggu. Jantung pisang dari berbagai macam pisang dimasak dan dijadikan kari (ada yang pernah mencoba??), selain itu jantung pisang juga bisa dibuat menjadi tepung, oleh dukun digunakan sebagai asam semut (asam yang bisa menetralkan asam) untuk mengurangi rasa panas dalam perut serta menyembuhkan luka berdarah yang parah. Tunas pisang yang masih muda yang belum terbuka pada pusat batang bisa dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu. Daging buah yang belum matang dari beberapa jenis buah pisang bisa dipanggang sebagai pengganti kopi (berita bagus untuk pecandu kopi). Selain itu kadang-kadang abu/bubuk dari beberapa tanaman ini bisa dipakai sebagai pengganti garam.  Ada juga pisang raja yang belum masak kadang-kadang ditumbuk untuk mentup kano yang bocor, getah pisang bisa dipakai untuk menyembuhkan gigitan ular atau kalajengking, sari daun dan pelepah bisa dipakai sebagai penangkal candu dan overdosis arsenic (As).

Kandungan Gizi Pisang

Manfaat pisang telah banyak kita ketahui, lalu…apa sebenarnya kandungan dari pisang???. Satu ulir dari pisang kuning itu ternyata mempunyai kandungan 11 mg kalsium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, 260 IU vitamin A, 1 mg niasin, dan 14 mg vitamin C. Pisang juga diberi anugerah mempunyai kandungan khrom yang berfungsi dalam metabolisme karbohidrat dan lipid. Khrom bersama dengan insulin memudahkan masuknya glukosa ke dalam sel-sel. Kekurangan khrom dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan toleransi glukosa.

Juice Pisang

Manfaat juice pisang pertama kali diperkenalkan oleh Jim Rose. Tn Rose ini adalah seorang tukang sirkus. Suatu kali Tn. Rose ini diminta oleh penontonnya untuk mempertontonkan kebolehannya dalam makan bola lampu, alhasil ketika itu ia makan 5 buah bola lampu dalam 1 hari itu. Tapi apa yang terjadi ?? Tn Rose roboh saat menikmati istrihatnya, perutnya terluka..Kemudian Tn. Rose berusaha mencari solusi untuk menyembuhkan perutnya tersebut, ia melakukan banyak latihan serta makan dan minum 20 pisang dan juice pisang, hasilnya???Subhanallah…pecahan bola lampu tersebut bisa lancar melewati system pencernaan.

Menurut penelitian yang telah dilakukan, juice pisang bermanfaat untuk penyakit :

  • Diverticulitis

Penyakit ini terjadi karena adanya radang pada kantong kecil dalam dinding usus. Kantong-kantong tersebut berisi material fecal yang menyebabkan rasa sakit pada dinding usus. Nah …karena pisang mengandung serat, lemak,dan minyak sehingga pisang dapat melindungi dinding usus, so…terjadilah penyembuhan.

  • Radang lambung

Ketika jaringan mucosal pada perut terasa perih dan sakit, kita akan mengalami kesulitan pada waktu mencerna makanan, bahkan merasakan sakit yang luar biasa. Juice pisang akan melapisi, menyejukkan, dan menyembuhkan  peradangan serius seperti halnya bahan-bahan antacid

  • Panas dalam

Pada penyakit ini, juice pisang akan menetralkan refluks asam hidrokolik yang terasa di bagian belakang tenggorokan, selain itu juice pisang mebantu menekan bagian perut yang masuk ke rongga dada agar bisa kembali ke posisi semula. Sejauh ini, pencegahan rasa panas dalam perut bisa diperoleh dari beberapa mineral dalam pisang, khususnya potassium, yang bisa memperkuat LES (Lower Esophagael Sphincter) dengan cara meningkatkan kontraksi otot lebih sering.

Cara membuat juice pisang

Dalam membuat juice pisang harus punya aturan tersendiri karena klo tidak, juice yang enak, nikat dan bergizi tidak akan kita dapatkan. Sebaiknya membuat juice pisang hendaknya dicampur dengan bahan yang lain seperti 1-2 cangkir buah pir, papaya, jambu biji, atau mangga.

Juice ini merupakan cocktail yang sangat baik unuk pencernaan, bahkan bisa membantu menyembuhkan peradangan usus serius sekalipun.

Berikut ini cara membuat juice pisang :

Masukkan setengah buah pisang segar (kupas terlebih dahulu), 1 cangkir jus mangga, dan 1 cangkir potongan es kecil-kecil ke dalam blender. Hidupkan dengan kecepatan tinggi selama 15-20 detik. Hasilnya anda akan mendapatkan juice yang lembut dan setengah manis. Hal penting yang perludiketahui : Jangan memberikan gula pada juice buah karena itu akan membuat terjadinya proses fermentasi dalam tubuh!!). Selamat mencoba, semoga bermanfaat!! Literatur :

  • Heinerman John, Ensiklopedi Juice, 2005, Alih bahasa Hermes, Pustaka Delapratasa
  • Almatsier sunita, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, 2004
This entry was posted in Resep.

12 comments

  1. bresta says:

    informasinya bagus bgt. saya jadi tau manfaat dr pisang. padahal saya gag terlalu suka makan pisang…

    tp saya jg pernah denger banyak2 mkn pisang bisa buat gemuk bener gag yach???

  2. anita says:

    pisang juga bagus untuk masker wajah, buah pisang yang sudah di keringkan lalu di buat masker. fungsi utamanya untuk melembabkan kulit wajah yang kering.

Comments are closed.