Kupas tuntas Etika Berhias Wanita Muslimah

Judul buku: Kupas tuntas Etika Berhias Wanita Muslimah (Hukum seputar Perhiasan Wanita antara yang Halal & Haram menurut Al-Quran& As-Sunnah)  

Pengarang: Amru Abdul Mun'im Salim

Penerjemah: Abu Ihsan Al-AtsariPenerbit: Pustaka At-Tibyan, Solo, cetakan I, Oktober 2005Format : buku saku besar, 288 halaman

Harga pasaran: 30.000

Isi buku: 

Perhiasan adalah sesuatu yang halal, dipakai oleh kaum wanita maupun kaum pria.Hanya saja, syariat yang hanif lurus, red) ini membedakan perhiasan apa yang boleh dipakai oleh kaum pria dan perhiasan apa saja yang boleh dipakai oleh kaum wanita. Tentunya semua itu demi kemaslahatan kehidupan ummat manusia. Karena Allah tidak menetapkan suatu syari'at bagi manusia kecuali di dalamnya terkandung madharat bagi mereka. Sekarang ini kita hidup di sebuah zaman, dimana semangat manusia untuk mencari ilmu-ilmu syar'i telah melemah, sekalipun terhadap ilmu syar'i yang wajib diketahui oleh setiap mukallaf dan merupakan fardhu 'ain. Dan manusia tidak lagi memperhatikan hukum-hukum yang berkaitan dengan perhiasan, baik karena kejahilan atau pura-pura jahil. Hingga tersebarlah berbagai macam bala' dan fitnah dengan keluarnya kaum wanita ke jalan-jalan. Mereka bercampur baur dengan kaum pria di berbagai tempat, di pasar-pasar dan tempat-tempat umum lainnya. Mereka berhias secantik mungkin, dan memakai baju yang paling indah seakan-akan mereka adalah pada pengantin yang berhias untuk suami mereka ! Satu-satunya jalan untuk memperbaiki keadaan ini adalah dengan kembali kepada hukum yang telah ditetapkan Allah dan Rasul-Nya. Dan buku kecil yang ada di hadapan pembaca ini kiranya dapat menjadi salah satu rujukan bagi segenap muslimah yang hatinya masih disinari oleh cahaya keimanan dan menjawab berbagai pertanyaan yang masih membingungkan dalah masalah ini. Buku ini terbagi dalam beberapa bab, membahas mahram, jenis-jenis perhiasan,halalnya berparfum kecuali di hadapan lelaki non-mahrom, celak, siwak, mrngikir& menambal gigi, adab bersisir, mencabut bulu ketiak&bulu kemaluan, memendekkan rambut, mewarnai uban, memotong dan mengecat kuku. Juga membahas tentang apakah suara wanita adalah aurat?, adab-adabnya berbusana, dilarangnya berpakaian hitam-hitam saat berkabung, adab bersepatu/sandal, hukum emas, perak, gelang kaki, cincin besi, operasi plastik, tindik, dll. Sungguh lengkap! SubhanaLlah… Tentang penulisan, gaya terjemahnya cukup luwes, tidak kaku (letterlux). Istilah2 dalam bahasa Arab juga dijelaskan secara singkat. Adanya sedikit kesalahan cetak terjemah ayat QS An-Nur:31 pada halaman 23 mungkin bisa diperbaiki pada edisi cetakan ke-2. 

Wallahu a'lam.

This entry was posted in Uncategorized.