Menghindari Perilaku Perusak Rambut | Jilbab Online

Tahukah Anda, ada banyak kebiasaan sehari-hari yang berefek buruk pada kesehatan rambut!

Sumber ilustrasi

Nah agar kerusakan rambut tak bertambah parah, cobalah menghindari kebiasaan berikut ini:

1. Menyisir Rambut Basah

Rambut yang basah kekuatannya menjadi berkurang. Menyisir rambut dengan sisir sikat setelah kerasa akan justru membuat rambut patah atau rontok. Sebaiknya gunakan sisir jari untuk merapikan rambut basah Anda. Setelah kering, baru rapikan dengan sisir sikat.

2. Mengeringkan Rambut dengan Handuk Terlalu Kencang

Saat mengeringkan rambut dengan handuk, jangan menggosok terlalu kencang. Alasannya hampir sama dengan menyisir rambut di waktu basah: menggosok rambut terlalu kencang hanya akan membuat patah dan mudah bercabang.

3. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Rambut yang diikat terlalu kencang akan menjadi rapuh. Nutrisi rambut tak akan menyebar dengan sempurna jika selalu diikat terlalu kencang. Ikatlah rambut dengan lembut dan kencangkan ikatan secukupnya. Hal ini juga dapat menghindarkan rambut dari kerontokan – akibat tertarik sewaktu proses pengikatan.

4. Tidur dengan Rambut Terikat

Sel-sel pertumbuhan rambut lebih aktif saat kita tidur. Karenanya, tertidur dalam keadaan rambut terikat membuat sel-sel rambut tidak bisa aktif seluruhnya sehingga keindahan rambut pun menjadi berkurang Tidur dengan rambut terikat juga bisa membuat rambut kusut di saat bangun. Akibatnya, rambut akan sulit ditata. Sebaiknya rambut digerai saja. Kalaupun ingin mengikat rambut, belah dua rambut Anda, lalu ikat di bagian ujung bawah. Lebih baik urai rambut ke arah atas bantal. Jadi posisi leher belakang langsung menempel pada bantal dan rambut terurai di atas bantal.

Khusus untuk rambut panjang, menyisir rambut sebelum tidur justru dianjurkan. Tujuannya agar distribusi minyak merata dan minyak turun ke ujung rambut. Rambut juga tidak mudah kusut jika disisir sebelum tidur.

5. Suhu Pengering Rambut Terlalu Tinggi

Mengeringkan rambut dengan suhu yang terlalu tinggi akan membuatnya kering dan rapuh. Sesekali, mengeringkan rambut demi menatanya memang tidak masalah. Tapi sebaiknya jangan dilakukan setiap hari. Lebih baik angin-anginkan rambut hingga kering. Khusus bagi rambut panjang berombak, sebaiknya biarkan rambut mengering alami meskipun Anda harus menunggunya selama satu ja. Adapun untuk rambut pendek, jika ingin mengeringkannya dengan pengering rambut, lakukan pengeringan ke segala arah.

Perawatan Rambut Berdasarkan Jenis

1. Rambut Berminyak

Ada beberapa penyebab rambut berminyak, karena faktor keturunan, terlalu jarang mencuci rambut, dan aktivitas hormon yang tinggi. Gunakanlah sampo ringan dan khusus untuk rambut berminyak seperti sampo bayi. Sebaiknya bilas rambut dengan air dingin secara menyeluruh, hindarilah membilas rambut dengan menggunakan air hangat karena dapat membuat kulit kepala semakin berminya.

Perawatan rambut berminyak bisa menggunakan minyak kelapa atau jojoba. Gunakanlah kondisioner hanya di ujung-ujung rambut saja, dan hindarilah menggunakan kondisioner pada batang rambut yang berada di dekat akar rambut. Bisa juga digunakan bahan-bahan tradisional dengan buah lemon, misalnya balurkan jus lemon pada kulit kepala dan rambut untuk mengurangi minyak yang ada pada rambut dan kulit kepala.

2. Rambut Patah dan Rusak

Gunakan kondisioner yang mengandung banyak pelembab. Hindarilah melakukan pengeritingan atau mewarnai rambut hingga rambut dalam keadaan baik. Saat mencuci rambut sebaiknya gosok rambut dengan lembut pada kulit kepala. Untuk rambut patah dan rusak buathlah kondisioner dengan yogurt. Caranya, campurt yougrt tawar kemasan kecil, satu butir putih telur, dan satu sendok makan madu. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang basah. Lalu, diamkan selama sekitar kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah 1 pekan 2 kali jika ingin hasil yang memuaskan.

3. Rambut Kering

Jika mempunyai jenis rambut kering dan kusam pasti sangat mengganggu. Selain jenis rambut ini sering kusut dan sulit diatur, rambut menjadi lemah dan sangat mudah rontok. Rambut yang kering harus diberikan kelembabab ekstra. Anda bisa membuat kondisioner sederhana, yaitu dengan mencampur dua sendok makan mayonaise dan satu buah alpukat. Aduklah merata hingga tekstur alpukat terasa lembut. Sebaiknya gunakan pada rambut yang agak basah sambil memberikan pijitan ringan. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk mempunyai rambut yang mengkilap dan menawan.

4. Rambut yang Sulit Diatur

Rambut seperti ini selain cepat kusut, juga sulit untuk diatur dan ditata rapi. Sebaiknya Anda membuat kondisioner sendiri yang cukup mudah untuk rambut jenis ini. Caranya, campur air perasan satu jeruk lemon, seperempat gelas zaitun, dan 2 buah butir telur. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang basah serta kulit kepala. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Minyak zaitun akan membantu rambut jauh dari kusut dan mudah ditata. Vitamin dan nutrisi dari telur dan jeruk membuat rambut lebih bersinar dan sehat, serta merangsang pertumbuhan pada rambut.

Nah, selamat mencoba, semoga berhasil! (*) sumber: www.suaramedia.com


Artikel ini ditulis ulang dari Majalah Nikah Sakinah Vol.10, No 06, 15 September-15 Oktober 2011/ Ramadhan-Syawal 1432

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *