Crispy Spicy Wicked Wing | Jilbab Online

Ingin kasih jajanan spesial buat keluarga? Tapi ga mau banyak keluarkan anggaran belanja? Kenapa tidak coba resep yang satu ini, insya Allah ga kalah dengan sayap ayam khas ala restoran cepat saji. Walau tanpa menggunakan putih telur rasanya tetap oke. Mungkin bahannya agak rumit dan di butuhkan sedikit kesabaran akan tetapi bila melihat anggota keluarga menghabiskan “Spicy wicked wing” ini dalam hitungan menit rasanya hilang sudah lelah kita di dapur. Hm,..siapa yang tidak tahan untuk tidak mencobanya…

Bahan:

  • 1kg sayap ayam potong dua
  • 2 sdm bawang putih yang telah di ulek halus ( garlic paste)
  • 1 sdm jahe yang telah di ulek halus (ginger paste)
  • 3/4 cup yogurt
  • 1 sdm garam (bagi yang tidak suka asin bisa di kurangi porsinya)
  • ¼ cup cuka atau air jeruk lemon
  • 1 sdm penyedap rasa ayam (bagi yang suka)
  • 1 sdt bubuk lada
  • 1 sdt cabai bubuk (buat yang suka pedas bisa di tambah porsinya)
  • 1 sdm bumbu kari
  • 1 sdt daun oregano bubuk (kalau tidak ada bisa di hilangkan- optional)
  • 100 gr tepung sagu
  • 150 gr tepung beras
  • 100 gr Self Rasing flour (bisa dig anti dengan 100 gr tepung terigu campur dengan 1 sdt baking powder)
  • Minyak goreng untuk menggoreng ayam

Cara Membuat:

  1. Campur yogurt dengan bawang putih, jahe,garam,penyedap rasa,bumbu kari,lada, cabai bubuk, oregano, dan cuka (air perasan jeruk nipis/lemon) dalam wadah besar. Aduk rata sisihkan.
  2. Potong ayam menjadi 2 bagian kemudian masukkan dalam bumbu perendam. Remas-remas pastikan semua potongan ayam tercampur dan teruleni rata dengan bumbu. Masukkan dalam kulkas selama 6 jam atau semalaman ( biasanya bila semalaman di kulkas bumbu akan meresap dengan baik).
  3. Panaskan minyak, campur semua jenis tepung dalam satu adonan kemudian tambahkan lagi di dalam adonan tepung 1 sdm bumbu kari+1 sdt lada aduk rata kemudian ayak.
  4. Masukkan satu persatu potongan sayap ayam dalam tepung berbumbu, dengan cara dicubit-cubit dengan demikian banyak tepung yang menempel dalam ayam berbumbu ini.Sisihkan dalam piring besar.
  5. Bila tepung berbumbu mulai menggumpal ayak kembali tepung berbumbu dalam wadah lain dan singkirkan gumpalan-gumpalan tepung yang berada dalam ayakan sisihkan.
  6. Dengan di ayaknya kembali tepung berbumbu akan membuat tepung seperti sedia kala sehingga ketika ukhti membalurnya kembali akan menutupi daging ayam dengan sempurna. Ulangi ayak bila ukhti menemukan tepung berbumbu mulai bergumpal kembali.
  7. Goreng ayam dalam minyak banyak yang panas dan api sedang jangan terlalu besar karena akan membuat ayam gosong dan bagian dalamnya tidak matang.Goreng hingga ayam berwarna kuning keemasan. Sajikan dengan sambal botolan dan saus tomat.

Tambahan Tips:

  1. Buat yang di luar negeri biasanya di toko india/Pakistan ada bumbu paket Tandoori Chicken atau Chicken Tika untuk variasi bumbu kari bisa diganti dengan bumbu paket ini dengan ukuran yang sama yaitu 1 sdm dan taburkan 1 sdm pula pada adonan tepung sebagai pengganti bumbu kari.
  2. Sisa tepung yang bergumpal bisa di goreng hasilnya mungkin akan sama seperti taburan dalam indomie goreng “kriuk” lumayan untuk di jadikan cemilan daripada di buang jadi mubazir.
  3. Apabila masih ada sisa tepung berbumbu ayak sekali lagi pastikan hanya tepung halus yang tersisa masukkan dalam kantong plastik simpan dalam freezer bisa dipakai kapan saja ukhti membutuhkan untuk membalut rendaman ayam di lain waktu.Tepung yang di masukkan dalam freezer akan tetap segar dan tidak bau insya Allah.
  4. Apabila ukhti tidak menyukai sayap ayam bisa diganti dengan ayam biasa yang di potong-potong sewaktu merendam potongan ayam tusuk-tusuk dengan garpu potongan ayam tersebut dan kerat-kerat bagian paha ayam selain bumbu mudah meresap ketika di goreng bagian dalam paha ayam akan matang insya Allah, jadi tidak ada lagi bagian yang merah atau belum tergoreng dengan sempurna.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *