Sekilas Milis (I) | Jilbab Online

Outline:
1. sekilas milis (arti, situs, istilah, macam2)
2.keanggotaan: owner, moderator, member
3. cara: daftar, diskusi
4. cara
membuat milis sendiri
5. nama2 milis tt Islam

Sebagian dari kita mungkin pernah memanfaatkan
fasilitas internet yang satu ini: milis. Ya, mungkin kita memanfaatkannya untuk
mendapat informasi yang up-to-date, sebagai forum diskusi/saling berbagi info,
dsb. Dan risalah ini dibuat untuk membantu Anda mengetahui lebih banyak lagi
soal per-milis-an, khususnya milis di yahoogroups (doeloenya egroups). Semoga
bermanfaat.

I. Apakah milis itu?

Milis adalah kependekan dari mailing-list, yang kalau
di-Indonesia-kan berarti daftar email2. Ya, milis merupakan tipe komunikasi
tertutup, sehingga hak suara hanya diperuntukkan bagi para anggota yang sudah
mendaftarkan emailnya. Jadi, kalau kita belum mendaftar ke sebuah milis, tapi
mencoba mengirim email ke sana, ya tentu saja emailnya gak bakalan sampai.

Ada beberapa portal/situs yang menyediakan fasilitas
milis: www.yahoogroups.com (populer), plasa.com, isnet, milis intern
kampus/perusahaan, dsb.

Kiriman email2 di milis tersebut dinamakan
‘postingan’. Jadi kalau si ABC ([email protected]) ngirim email ke milis
[email protected], maka diistilahkan dia memposting email. Selama
milis masih berdiri tegak dan postingannya tidak dihapus oleh pemilik milis,
maka postingan si ABC ini akan tetap disimpan dalam -semacam- arsip bersama
postingan anggota2 milis kecap lainnya, sehingga bisa dibaca kapan saja.
Tergantung pada setting milis yang ditentukan, arsip2 ini boleh dibaca umum atau
hanya diperuntukkan bagi kalangan sendiri (anggota milis saja, red).

Selain beda setting seperti contoh di atas, ada pula
macam2 milis berdasarkan arah komunikasi. Ada milis searah, namanya newsletter
(terj. koran internet), karena yang berhak memposting email adalah
pemilik/moderator milis seperti halnya koran kita pada kehidupan sehari-hari.
Biasanya newsletter ini diterima pelanggan secara rutin; per hari, per minggu.
Tidak ada diskusi terbuka di sini. Contoh milis ini adalah pada milis
berita/risalah Islam/fatwa2, seperti Buletin Online dari alsofwah.or.id

Ada lagi milis dua arah. Ini pun di bagi dua: yang
pakai moderator dan yang bebas bicara. Untuk jenis pertama, semua
kiriman yang masuk harus mendapat persetujuan dari pemilik/moderator milis.
Semua anggota punya hak bicara dalam diskusi, namun sebelum diteruskan ke
seluruh anggota, postingan akan diseleksi dulu oleh moderator. Hal ini
dimaksudkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Riilnya seperti milis
salafyoon dan assunnah di yahoogroups. Sedangkan pada jenis kedua
(bebas bicara), setiap anggota bebas memposting email tanpa disensor oleh
moderator. Resikonya, kadang dijumpai ada juga email yang ‘nyasar’ masuk ke
milis jenis ini, sehingga cukup meributkan suasana, misalnya ada anggota yang
sengaja mengirim virus dalam bentuk attachment atau anggota yang bicara tidak
jelas. Dalam kondisi ini, moderator bisa membatasi hak bicara si bandel tsb,
atau bahkan mengeluarkannya dari keanggotaan karena dia tidak mau paham
visi/misi dan aturan di milis tsb.

Trus, jenis milis berdasarkan keanggotaan. Ada tiga
macam juga: open, restricted, closed. Jenis pertama (open); maka siapa
saja yang pingin gabung ke suatu milis bisa mendaftar dan langsung jadi anggota.
Jenis kedua (restricted) artinya semua yang ingin boleh daftar, namun harus
antri menunggu persetujuan moderator milis. Ini untuk mencegah orang2 yang punya
rerputasi jelek dalam dunia per-milis-an, misalnya suka merilis perdebatan yang
gak perlu, suka spam (membanjiri milis dengan email2 sampah), dll. Jenis
terakhir (closed) adalah milis khusus untuk anggota yang dikehendaki. Misalnya
seseorang ingin membuat sebuah milis khusus bagi ayah, ibu dan adek-adeknya.
Maka otomatis orang lain yang bukan keluarganya tapi ingin masuk tidak
diperbolehkan (baca: mengganggu privasi)

II. Siapa saja yang hadir di milis?

Ada tiga kelompok:
1. owner/pemilik:

dia adalah pendiri milis. Dia yang mendaftarkan milis dan mengatur
settingnya. Dia punya hak penuh terhadap milis yang dia buat, bahkan dia
pun bisa menghapus milis dari peredaran.
2. moderator:
kita pasti
sering mendengar istilah ini dalam diskusi. Ya, moderator di sini pun sama
tugasnya. Dia baru ‘kelihatan’ bekerja saat milis disetting moderated alias
semua email yang masuk harus disetujui moderator. Bahkan dia pun bisa
mengeluarkan seseorang yang ‘bandel’. Dan tentu saja, si owner punya hak seperti
itu, karena yang ‘mengangkat’ moderator adalah si owner.
3.
member/anggota milis:
mereka adalah orang2 yang terlibat langsung
dengan postingan. Pada dasarnya, setiap member milis berhak mem-post-kan email,
kecuali jika milisnya berupa newsletter. Untuk jenis ini, member hanya bisa
mengontak owner milis.

Lalu, dimanakah kita bisa melihat daftar ketiga
kelompok ini?
Pada milis @yahoogroups.com, kita bisa melihat di direktori
Members. Namun, jika milis di-setting untuk tidak menampilkan daftar
anggota, ya itu lain soal, karena berarti daftar tsb hanya boleh dilihat oleh
owner/moderator. Hal ini terutama untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan
dalam komunikasi di internet.

Untuk tutorial selanjutnya, kita akan membahas
mengenai cara mendaftar, berdiskusi, berhenti dari keanggotaan, membuat milis
sendiri dsb, yang kesemuanya berdasarkan aturan2 di yahoogroups. (ua)

:: bersambung, insya’ALLOH… ::

sumber:
pengalaman sehari-hari ngikut milis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *