LTSP ?? makanan apakah itu??

LTSP yang ini bukan makanan.. tapi salah satu kemudahan sistem jaringan yang disediakan oleh linux. Bagi pengguna linux, pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi yang dikenal open source dan memiliki banyak kemudahan ini. Setelah mengenal LTSP mungkin akan semakin suka dengan sistem operasi yang menjadi rival berat Windows ini..

LINUX TERMINAL SERVICES PROJECT (LTSP)

 LTSP adalah suatu project yang mengeksplorasi kemampuan Linux untuk aplikasi diskless XTerminal. XTerminal merupakan salah satu model thin client yang dapat dibangun dengan platform Linux.Teknologi ini semakin banyak digunakan karena kemampuannya yang dapat menghemat sumber daya hardware dengan tetap menjaga performance. LTSP memungkinkan hanya digunakannya satu hardisk untuk banyak terminal komputer.Metode yang digunakan disebut dengan metode client-server. Client di-boot menggunakan disket / bootrom yang sudah terpasang kernel Linux. Setelah kernel di-load dalam memory, ia mulai bekerja untuk mencari server yang memiliki DHCP atau Boot Protocol (BOOTP).

Server yang menangkap permintaan client memeriksa terlebih dahulu apakah client tersebut sudah terdaftar sebagai komputer yang boleh masuk. Jika Client tersebut telah terdaftar, server memberikan IP Address kepada client, dan selanjutnya menjalankan XWindow dimana prosesnya terjadi di server namun hasilnya tampak di client.Untuk menggunakan LTSP, terlebih dahulu harus dilakukan setup pada server. Setelah proses setup server selesai, berikutnya adalah melakukan setup pada workstation. Proyek LTSP pada prinsipnya adalah pada proses yang terjadi setelah kernel berada di memory. Terdapat beberapa cara untuk meletakkan kernel di memory, diantaranya Etherboot, Netboot, PXE dan floppy disk.Boot Floppy adalah istilah yang digunakan untuk mengacu pada disket yang digunakan sebagai media untuk menyimpan kode yang akan dieksekusi pada saat komputer workstation diaktifkan.”Etherboot adalah paket software yang digunakan untuk membuat image ROM yang dapat melakukan proses download kernel pada jaringan Ethernet yang kemudian akan dieksekusi pada komputer berbasis x86. Banyak network card yang memiliki socket dimana chip ROM dapat dipasangkan. Etherboot adalah program yang dapat dipasangkan pada ROM tersebut  ”    – Ken Yap

Etherboot juga merupakan produk Open Source, dilindungi lisensi GNU General Public License, Version 2 (GPL2). Paket Etherboot tersebut dapat di-download dan di-konfigurasi berdasarkan bootrom yang dibutuhkan. Kemudian source tersebut dapat di-kompilasi untuk menghasilkan image bootrom untuk kemudian di”tulis”kan pada eprom, atau ditulis pada floppy disk untuk percobaan.Jika server dan worksation sudah terinstall dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan boot floppy ke floppy drive dan menyalakan workstation. Kode program Etherboot akan dibaca dari floppy ke memory, network card akan ditemukan dan di-initialisasi, dhcp request akan dikirim ke jaringan dan jawaban atas permintaan tersebut akan dikirim oleh server dan kernel akan di-download ke workstation.Setelah kernel melakukan proses initialisasi perangkat hardware workstation, X Windows akan dijalankan dan kotak dialog login akan muncul di workstation. ada point ini, sudah bisa dilakukan proses login.  Proses login ini berarti sama halnya jika kita login di server. Semua perintah yang di-jalankan sebenarnya berjalan di server dan kemudian hasilnya akan ditampilkan di workstation. Itulah keunggulan dari X windows. Segala macam program dapat dijalankan selama program tersebut didukung oleh server.Seperti kita ketahui dalam suatu jaringan jumlah server lebih sedikit ketimbang client. Sistem XTerminal sendiri bisa dipasang dengan satu server dan beberapa client, sehingga penggunaannya memberikan berbagai keuntungan seperti:·

Spesifikasi komputer untuk client sangat minimal.

·                                            Upgrading hardware dan program menjadi lebih mudah karena hanya terjadi             di sebuah komputer server.·                                            Akhirnya dari keseluruhan point diatas diperoleh penghematan biaya serta waktu yang digunakan untuk instalasi dan perawatan sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *